Sabtu, 06 Juni 2015

CERPEN

 

Nama         : Vanni Devi Andiani

Npm           : 29213091

Kelas          : 2EB26

Universitas Gunadarma

 

SEMPAT MEMILIKINYA

 

Hari  ini adalah hari pertama aku masuk sekolah di SMA .

‘’Vanni! Cepat bangun, nanti kamu kesiangan!” Terdengar suara ibu yang bernada  tinggi itu. “Ya bu..” kataku sambil melangkah ke kamar mandi. Di  kamar  mandi  pun  aku  sambil membayangkan  gimana  suasana  baru   nanti  di  sekolah. 

‘’ hemm. .nanti anak-anaknya pada gimana yaa? baik-baik enggak yaa?  terus nanti cowoknya pada cakep-cakep enggak ya ?’’ ujarkan dalam hati. Selesai mandi, lalu aku langsung bergegas untuk  mengenakan baju.

‘’Vanni, lama banget si cepatan dong  nak kesini! ayo kita makan!’’ kata Ibu sambil menyiapkan makanan .

‘’Iya bu, sebentar.’’ Jawabku sambil berjalan menuju ruang  makan . Akhirnya kami  pun  makan bersama-bersama .  Setelah selesai makan, tepat  pukul 05:00 aku siap-siap  memakai sepatu .

‘’ Ayo nak, cepat kita berangkat nanti kamu terlambat!’’ kata Ayah .

‘’ Baik Ayah’’ kataku sambil ribet membawa balon  untuk  pembukaan mos .

Untung saja di dalam perjalanan tidak  terlalu  macet, jadi aku tidak  terlambat deh .. hehe. Setelah  sampai  di sekolahan,  siswa-siswi semuanya mengumpul di lapangan  untuk  mengadakan  upacara. Pak  Ridwan lah yang  menjadi pembina upacara pada  saat itu. Hemm . . di dalam  benakku  aku  masih  tidak  menyangka bahwa aku sekarang sudah   menjadi  anak SMA  bukan anak  SMP  lagi hehe. Suasana  pada  saat  upacara  itu, hening  sekali murid-murid pun tidak ada yang berani  untuk  mengobrol sendiri- sendiri .

‘’ Duh . . lama sekali sih bicaranya bapak itu!’’ kataku sambil mengusap keringat  yang ada di keningku . Lalu aku menyenggol seseorang yang disampingku .

‘’lama banget yaa selesai upacaranya?’’aku sksd dengannya .

‘’iya nih . . malesin banget!’’ jawabnya sambil tersenyum padaku .

Akhirnya, yang ku tunggu-tunggu datang  juga, upacara  pun selesai dan  barisan  pun di bubarkan.  Kami pun diarahkan oleh  anggota osis untuk  melihat nama ruangannya masing-masing  yang  tertempel  di papan  pengumuman  itu. Lalu aku mencarinya bersama  teman  dari  SMP-ku  yang bernama  Dewi .

‘’ Dew, kita  mencarinya  di sana  dulu  yukk!’’ kataku sambil menggandeng  dirinya .

‘’Okelah , ayok van!’’ kata dewi .

‘’ Van , itu nama gue!’’ gue dapat di ruangan sultan hasanudin , katanya sambil tersenyum karna sudah menemukan nama.nya  .

‘’ yahh . . dew gue belum ketemu ini !’’ jawabku sedih .

‘’ yaudah coba kita  kesana  kita  cari namamu  lagi, jawab dewi.‘’  Kemudian  kami  pun ber-2  mencarinya  , akhirnya  ketemu  juga  aku dapat  di  ruangan Pattimura .

Setelah  itu , para  anggota osis  menyuruh  kita  untuk  berkumpul  di  lapangan  sesuai  dengan  ruangannya  masing-masing .  Kami pun  di  suruhnya  untuk  membentuk  lingkaran  .  Aku  lihat-lihat  orang  yang  ada  di kelompok  kami ,  begitu  sangat asing  bagiku ,  karena  aku  tidak  kenal sama  sekali  dengan  mereka  .Setelah  aku  amati  mereka  semua ,  ternyata  ada  seorang  cowok  yang menurutku  dia paling terkeren di kelompok  kami . Yaampun mataku selalu tertuju pada dirinya .

‘’ hemm . . siapa yah nama.nya ?’’ aduhh penasaran banget deh aku ! pokonya aku  harus cari tau namanya dia , kataku didalam hati .

PJ  dari  kelompok kami , menyuruh kami semua untuk menulis perlengkapan yang akan di bawa buat besok , dan  kami pun segera menyatatnya . Kata Pj kami , kita kan belum saling mengenal satu sama lain , nah makanya itu kita berkenalan dahulu .

‘’ Yes yes sebentar lagi aku bakal tahu siapa namanya tuh cowok!’’ kataku didalam  hati sambil senyam-senyum sendiri hehe . Akhirnya aku tahu juga tuh nama cowok dan aku  memperhatikanya  terus terusan  rasanya aku benar-benar mulai ada rasa dengan tuh cowok  . Setelah memperkenalkan nama,nya masing-masing , tiba-tiba saja Pj-ku  memanggil   aku  untuk  berdiri  di  depan  anak-anak , dan   menyuruh aku  untuk  mengafal  nama-nama  anak  cowok 5 orang .

‘’ aduh .. kenapa mesti aku sih!’’ aku kan malu banget sama anak-anak , terlebih  sama cowok yang aku taksir itu! kataku di dalam hati. Aku pun lalu maju di depan anak-anak  sambil tersenyum-senyum tersipu  malu .

‘’ aku enggak  mau  berkenalan  dengannya  ahh .. !’’ aku malu kataku dalam hati .

Lalu  aku  pun berkenalan  dengan  cowok   yang  bukan  di dekat  barisannya si dia . Setelah  selesai ,  aku  disuruh untuk kembali ke tempat  asalku lagi . Kemudian ,  kami pun  semua  di  pulangkan  dan  besok  kembali  datang  ke sekolah  untuk  membawa  perlengkapan  yang  telah  di tentukan  oleh PJ kami masing-masing . Di  perjalanan ketika  aku  menuju depan fotocopy-an , Aku  melihat Aldi naik  motor  bergoncengan  dengan  cewek  lain .

‘’ Coba saja itu aku yang di gonceng pasti aku senang sekali deh!’’ dalam hayalanku . ‘’Sadar  lah  van ,  itu  tidak  mungkin sama sekali!’’ sambil  mengahlikan pandanganku ke orang lain . Setelah itu aku naik angkot bersama temanku Dewi , untuk  menuju pulang ke rumah .

Keesokan harinya aku kembali ke sekolah untuk mengikuti MOS hari yang ke pertama . Benar benar menyebalkan sekali , karena kami semua di jemur di lapangan yang panas itu . Lelah dan pusing semuanya menjadi satu . Berikutnya hari ke dua dan ke tiga  Mos , juga sangat menyebalkan bagiku tapi yang bikin aku senang karna aku dapat teman baru sedikit demi dikit dan ketemu cowok itu hehe .

            Akhirnya datang juga , Hari ini adalah hari pertama aku memulai belajar di sekolah ini , suasana yang tidak aku bayangkan sebelumnya memang benar begitu asing bagiku . Teman duduk-ku pada waktu itu bernama Anin , Iil , Gerhana . Tidak kebayang kan gimana waktu itu tempat duduknya sempit sekali hehe . Tiba-tiba suara bel istirahat berbunyi.

‘’ Iil , Anin kita ke kantin bareng yuk!’’ ajak-ku kepada mereka .

‘’ ayok van!’’ jawab iil dan anin serentak .

            Kami pun segera menuju keluar kelas untuk ke kantin , pas kami ingin turun di tangga , aku bertemu dengan si Aldi OMG aku senang banget , pandangan mataku tak lepas dari dia . Dia pun juga melihatku , entah kenapa saat dia melihat aku juga aku begitu menyangka kalau dia juga ada rasa denganku hehe .

            ‘’ Van , lo  kenapa?’’ kata anin sambil melihatku dengan tatapan yang aneh .

            “ Tidak papa kok nin.’’ Jawabku sambil senyum-senyum.

Lalu kami pun segera ke kantin untuk membeli makanan . Ketika asik-asik sedang makan, bel berbunyi kami segera masuk ke kelas . Dikelas aku masih belum merasakan kenyamanan seperti di waktu SMP. Hemm jadi pengen kembali lagi ke SMP . Bel untuk pulang berbunyi , lagi-lagi ketika aku dijalan aku melihat Aldi dengan mengendarai motornya itu . ‘’ Coba saja aku di gocengin sama dia , pasti senang banget!’’ ujarku sambil melamun.

‘’ Woy , bengong aja! Kesambet loh nanti!’’ kata dewi sambil menepuk pundakku.

‘’ hehe enggak kok dew!’’ jawabku untuk mengeles.

Setiba di rumah , aku langsung masuk ke  kamar lalu aku sambil memikirkan dia . Tiba-tiba Ibu masuk ke kamarku lalu aku di suruhlah untuk makan dahulu.

Singkat saja , setelah aku sudah beberapa Minggu sekolah di SMA itu , Aku pun merasa nyaman ,dan teman-temanku sudah mulai banyak . Aku pun semakin semangat buat datang ke sekolah ini .  Tiba-tiba temanku yang bernama Ratna datang ke kelasku .

‘’ Van , dapat salam tuh!’’ ciee vanni! kata Ratna .

‘’ ha ? dapat salam dari siapa na?  jawabku heran .

‘’ Dari teman sekelas gue van , namanya si Rizky.’’ Jawabnya sambil meledek-ledekinku.

‘’Oh , temanya si aldi ya?’’ di dalam hati ku berkata kenapa buka si aldinya saja si .

‘’ iya van , salam balik enggak?’’ kata Ratna . Aku hanya terdiam saja , karna aku malu hehe .

Keesokan harinya , Entah ada angin apa si Aldi menegorku . Ya ampun tidak kebayang betapa senangnya aku walau dia menegorku karna ingin menyalamkan temanya si Rizky itu . Aku hanya tersenyum saja , tanpa ada ucapan kata-kata yang keluar dari bibirku.
Tidak hanya itu saja , lewat jejaring sosial  facbook aku dengan si Aldi mulai dekat , ia pun minta no hpku . Sejak itulah kami jadi akrab dan mulai smsan terus dengannya. Ya Allah ini benar-benar suatu keajaiban banget buat  aku karna  bisa dekat dengan dia , padahal waktu itu aku hanya bisa menghayal saja , tetapi semua ini menjadi kenyataan hehe .

            Pagi pun tiba ,  Saatnya aku bangun untuk mandi dan siap-siap berangkat ke sekolah . Aku dengan semangatnya untuk pergi ke sekolah karena aku tidak sabar untuk bertemu dengan si Aldi . Setiba di Sekolah , mataku melirik-lirik ke kelasnya si aldi , kebetulan kelasnya dia sampingan dengan kelasku . Eh tidak di sangka dia keluar kelas tapi sayangnya dia tidak menegorku , huff aku sangat kecewa . Di kelas aku bercerita dengan teman sebangku yang bernama si Anin .

‘’ Nin , gue smsan dong sama si Aldi.’’ Kataku sambil mesem-mesem.

‘’Lah kok bisa van?’’  tanya Anin.

‘’Bisa dong , awalnya dia minta no hpku lewat facbook , ya sudah aku kasih aja! Terus kita smsan deh’’. Hehe jawabku sambil tertawa .

‘’Oh begitu toh selamat ya van!’’ katanya sambil tersenyum padaku.

Setelah Aku curhat dengan Anin , tiba-tiba si Aldi sms ke aku , di dalam smsnya dia bilang kenapa kamu tadi sombong banget?  Ternyata kami berdua itu salah paham , padahal di antara kita ber-2 itu sama-sama malu . Ya uda kami jelasin semua alasanya dan kami ber-2 sepakat kalau nanti ketemu , kita akan saling tegor-tegoran . Waahhh asik banget hehe . Bel telah berbunyi , saatnya kami semua untuk pulang . Aku buka Hpku ternyata si Aldi sms aku dan dia mengajak aku untuk pulang bareng .Tetapi aku menolak ajakanya dia . Sebenarnya si aku mau karena ini kesempatan banget buat aku supaya lebih dekat denganya . Tapi karena aku tidak enak dengan temanku si Elok , Anin dan Dewi makanya aku memutuskan untuk menolak ajakannya si Aldi . Lalu aku minta maaf sama dia , katanya Aldi ’’ tidak papa kok , masih ada lain waktu.’’ katanya.

Setiba di rumah , pas aku melihat Hpku eh si Aldi sms , nanya sudah sampai rumah belum , sudah makan belum , jangan sampai telat makan ya van , ya ampun dia itu benar-benar cowok yang perhatian banget . Aku sangat senang sekali dengan semua perhatianya dia ke aku .

Setelah  1 bulan kemudian , Kami ber2 semakin di mabuk cinta , Aldi rupanya semakin ingin memilkiku . Kami pun sering pulang bareng dan jalan bareng . PDKT dengannya memang  membuat aku merasa selalu senang dan tidak ada sedihnya deh pokonya.

Tetapi terkadang aku merasa galau juga kenapa ya dia belum nembak-nembak aku juga , padahal kita ber-2 memang sudah saling cinta . Aku takut kalau nanti aku sudah terlalu sayang sama dia , nanti aku malah di kecewakan . Oleh karena itu aku sms dia aku berniat ingin menjauhinnya . Tetapi ia tidak mau dan ia tidak ingin jauh-jauh dariku . Aku jadi malah tambah bingung maunya apa sih sebenarnya! Ya udah setelah itu, aku tidak bisa berbuat apa-apa selain tetap disini untuknya dan hanya bisa menunggu kapan dia menembak aku .

Setelah aku menunggu beberapa minggu kemudian , aku di sms Aldi katanya ia mau ngomong  penting denganku dan ia  mengajak aku ke suatu taman . Aku pun menerima ajakanya dia ,  aku berharap benget dia nembak aku.

‘’Kamu ngapain Al bawa aku ke tempat ini?’’tanyaku sambil menatap matanya .

‘’Enggak papa kok van!’’ jawabnya sambil senyum-senyum.

‘’Tapi kata kamu, ada hal yang penting yang kamu omongin?’’ tapi apa al ?’’ tanyaku bingung .

‘’ Ia , van Aku mau ngomong sama kamu, kalau Aku tuh sayang banget sama kamu , dan baru kali ini Aku berani untuk mengukapkanya . Kamu mau ga jadi pacar Aku ?’’ Aku serius van!’’ katanya sambil menatap wajahku .

‘’Aduh . . jangan bercanda yah kamu Al!’’ padahal di dalam hatiku senang banget .

‘’Aku serius van , aku tidak main-main!’’ jawab ya Van pertanyaan aku ini ,kata Aldi.

‘’Gimana yah aku bingung mau jawab apa Al?’’ aku takut hanya ingin di permainkan saja olehmu!’’ jawabku.

“Demi Allah Van aku enggak ada niat buat mainin perasaan kamu, aku serius dengan ucapanku ini!’’ gimana? Kamu mau tidak’’? aldi sambil meyakinkan aku.

‘’Ia Al aku juga sayang sama kamu, aku mau kok jadi pacar kamu’’! jawabku dengan wajah yang tersipu malu.

                   Perasaanku hari ini sangat senang sekali , ternyata Aldi sudah merencanakan untuk nembak aku  tepatnya pada tanggal 12november2010 . Itu merupakan tanggal yang sangat istimewa bagi kami ber-2 . Karena hari sudah  hampir menjelang malam , kita mutuskan untuk pulang ke rumah .

                   Disekolah , aku langsung bercerita kepada Anin dan teman-temanku lainya, dan mereka semua tak mau ketinggalan untuk meminta  PJ (pajak jadian)  kapadaku . Merasa tidak enak kalau tidak memberi PJ, maka aku langsung meneraktir mereka di kantin untuk makan soto ayam . Begitupun dengan si Aldi , Ia pun meneraktir teman sekelasnya untuk makan di MCD . Di MCD kami ber2  romantis  banget hitung-hitung pamer baru jadian hehe. Si Rizky hanya bisa memberi ucapan selamat pada kami ber2 , dan ia pun perasaannya ke aku sudah biasa-biasa saja .

                   Hari demi hari kami jalani ber2 dengan penuh kasih sayang , Kami ber2 suka jalan bareng , nonton , makan bareng , sangkin asik dan nyamannya dengan dia , sehingga aku sampai lupa dengan teman-temanku . Di dalam hubungan ini , terkadang aku juga sering berdebat , salah paham denganya . Karena tanpa berantem , itu ibaratnya kurang lengkap dalam suatu hubungan ini . Tapi aku bahagia berpacaran dengannya .

                   Tak terasa 1 bulan sudah kami lewati bersama , dan tapat pada tangal 12desember 2010, ini hari jadian kita yang ke 1 bulan . Sungguh romantisnya dia , dia rela begadang hanya ingin mengucapkan happy anniversary tepat pada pukul 00:00 wib . Aku baru membacanya pada pagi hari aku sangat senang sekali ternyata ia ingat dengan hari jadian kami ber2 .Dengan 1 bulanan ini , kami ber2 semakin bertambah sayang satu sama lain .

                   Ketika liburan semester 2, Kami ber2 sudah jarang ketemu , Entah kenapa si Aldi menjadi berubah dengan sosok yang cuek dan tidak perduli lagi sama aku . Aku sms jarang di bales dan aku ajak ketemuan dia selalu tidak bisa  . Kemudian entah ada angin apa ,ketika malam tahun baruan , Aku di ajak dia untuk bakar-bakar Ayam di rumah temannya dia . Tetapi aku ragu mau ikut apa tidak , soalnya aku tidak boleh keluar hingga larut malam . Makanya aku hanya bilang denganya kalau aku akan usahakan . Padahal aku pengen sekali bertemu dengan dia .  Oleh karena itu , aku minta izin dulu sama Ayahku . Katanya , aku boleh keluar malam tapi harus sampai jam 11 malam , lalu aku pun bilang ke Aldi, tapi ia tidak merespon smsku itu . Aku sangat sedih sekali , kenapa ia jadi berubah seperti itu .

                   Malam tahun baru tiba , aku sms-sms Aldi tetapi ia hanya balas smsku singkat-singkat saja ‘’kenapa dengan dia ya?’’ pertanyaanku dalam hati. Padahal di malam tahun baru ini , aku ingin ikut dia ke acara bakar-bakar Ayam di rumah temanya itu . Tapi ya sudahlah aku hanya bisa menangis di rumah sambil kecewa atas perubahan Aldi yang di lakukan ke aku . Walau begini aku tidak bisa diam saja aku pun emosi , aku sms ke dia dengan kata-kata yang kasar , aku marah-marahin dia . Yang bikin nyebelinya lagi dia malah marah balik padaku . Kami ber2 sama-sama di landa emosi . Tetapi , pada ujungya aku minta maav ke dia padahal aku masih tidak ikhlas aku duluan yang minta maaav , tapi ya sudahlah aku mengalah saja ke dia . dan ia pun mau memaafkanku .

                   Hari ini adalah hari awal aku masuk sekolah lagi , aku senang karena aku bisa bertemu dengan Aldi dan bisa mengobrol-ngobrol banyak seperti dulu lagi . Tetapi dugaan aku salah , ia malah seperti menghindar padaku . Aku tidak bisa diam saja . Aku samperin dia

                   ‘’Aldi kamu kenapa sih?’’ kamu kok jadi berubah gini?’’ apa salahku?’’ tanyaku ke dia .

                   ‘’apaan sih van?’’ aku enggak papa! Perasaanmu aja kali!’’ katanya .

                   ‘’ kalau aku punya salah , aku minta maav Al sama kamu!’’ tapi jangan bikin aku bingung seperti ini.’’ Jawabku dengan suara yang keras.

                   Tiba-tiba bel  masuk berbunyi , lalu aku di suruh masuk ke kelas olehnya . Kami ber2 langsung segera masuk ke kelas . Setibanya pulang sekolah , Aku segera keluar kelas supaya bisa bertemu dan pulang bareng dengan Aldi lagi . Tapi ternyata , Aldi malah cuek denganku aku pun di tinggal pulang sama dia .Hatiku begitu kesal dan gondok sekali denganya .  Pada saat itu juga Aku marah denganya . Aku sms dia , dia tak membalas-balas smsku . Sudah 3 hari ini aku tidak smsan sama dia , karena smsku selalu tidak di bales . Dia benar-benar sudah berubah sekali .

                   Keesokan harinya di sekolah , ketika  bel pulang aku segera lewat ke kelasnya dia , padahal dia itu sudah melihat aku , entah kenapa dia seakan-akan tidak melihat aku . Lagi-lagi dia menunjukan sikap dinginya itu ke aku . Kali ini aku benar-benar marah denganya . Aku tidak kuat dengan sikap dinginya dia itu , aku sms dia dan aku mengasih pilhan ke dia , kalau ia tidak membalas sms aku kali ini , berarti aldi memang benar-benar ingin putus dari aku .Setelah aku menunggu ber-jam-jam dia tidak sms-sms aku juga . Berati aku anggap dia sudah memutuskan untuk sepakat putus juga . Aku masih penasaran dengan hubungan kita ini , masih ingin di lanjutkan atau tidak , oleh karnanya aku bertanya secara langsung olehnya . Di suatu tempat parkiran :

                   ‘’ Aldi , aku mau ngomong sama kamu sebentar saja! Boleh ya?’’ tanyaku ke dia.

                   “ Sorry van , aku enggak bisa aku mau kerja kelompok!’’ jawabnya sambil buru-buru mengeluarkan motor .

                   ‘’ Aldi aku mau nanya kita putus yaa?’’ tanyaku ke dia dengan hati yang berdegup kencang .

                   ‘’kata kamu kan kemarin putus?’’ ya udah! . jawabnya .

                   ‘’oh gitu yah ya uda deh!’’ bye!  ketaku dengan tersenyum walau sebenarnya aku menangis .

                   Pertanyaanku semuanya sudah terjawab bahwa kita sudah benar-benar putus , aku langsung lari ke teman-temanku sambil meneteskan air mata .

                   ‘’Van , lo kenapa?’’ cerita dong! tanya anin dengan mengelus kepalaku.

                   ‘’gue  putus nin dengan Aldi!’’ jawabku dengan mata yang berkaca-kaca.

                   “Kok bisa sih van?’’ gimana ceritanya? Jawabnya heran .

                   ‘’Sudahlah nin dia sudah bosen denganku , kami ber2 sudah tidak cocok, makanya kita ber2 memutuskan untuk akhiri saja hubungan ini!’’ jawabku sambil meneteskan air mata .

                   ‘’Ya Allah van sabar aja ya!’’ lo pasti bakal dapet penggantinya dia kok! Tetap semangat ya Van!’’ katanya dengan memeluk aku .

                   ‘’Ia nin makasih yaa’’? jawabku sudah merasa lebih tenang .

                   Teman-temanku seperti Iil dan Diah pun memberi semangat kepadaku , Aku merasa lebih baik lagi walau kenyataan ini masih pahit bagiku .

                   Beberapa Minggu kemudian , Aku mendengar kabar bahwa Aldi sedang dekat dengan seseorang . Aku merasa terpukul , sedih , kecewa , ingin marah tapi semua itu hanya membuat aku menjadi lemah . Oleh karena itu aku berusaha belajar ikhlas dan merelakanya dengan yang lain . Lambat laun kemudian seiring dengan berjalanya waktu  , alhamdulilah aku bisa melupakanya juga . Sekarng aku  merasa bahagia karena menjomblo dan tak ada niat lagi  untuk memiliki pacar baru .

 

 

SELESAI

 

Karya: Vanni devi andiani

 

 

 

 

 

 

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus